hitzat

Sabtu, 26 Januari 2013

Mulai Juni, rakyat bisa daftar PNS tiap hari

Reporter : Muhammad Mirza Harera
Jumat, 25 Januari 2013 13:27:12
 


Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Eko Prasojo mengatakan sistem perekrutan pegawai negeri sipil akan diubah. Mulai Juni, perekrutan PNS akan menggunakan sistem Computer Assisted Test yang akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan juga Kemendikbud.
"Kita menggunakan passing grade, sejak kita merdeka kalau terima orang kan sesuai formasinya ngelamar sepuluh yang dibutuhkan sepuluh, sepuluhnya diambil. Kalau sekarang passing grade, yang ngelamar 10 orang yang memenuhi passing grade dua orang ya dua orang yang kita ambil," kata Eko di Istana Wapres, Jumat (25/1).
Untuk memenuhi kuota, lembaga negara, kementerian dan pemprov akan menyeleksi pelamar lagi sampai kuota terpenuhi dengan grade yang sudah ditarget.
"Jadi setiap hari orang bisa melamar tapi setiap tahun cuma tiga kali, jadi kalau saya tidak lulus saya sebulan lagi ikut, sebulan lagi ikut tapi maksimal tiga kali," ujarnya.
Upaya ini merupakan arahan dari Wapres Boediono untuk mengoptimalisasikan program reformasi birokrasi. Pihaknya pun langsung membuat rencana aksi dalam bentuk fast track dan wing business agar pelayanan masyarakat bisa menjadi lebih baik.
"Ada juga longtrack program itu terkait dengan perubahan struktur di dalam lembaga, jadi itu salah satunya kita melakukan reorganisasi di dalam lembaga kemudian juga memperkuat kinerja individu dari PNS dan melakukan harmonisasi peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes